CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Kamis, 07 Mei 2009

cara menangani virus

PSPB(Pemburu Sejati Pantang Berhenti)

Sebagai user windows, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita untuk bergulat dengan virus, virus komputer sebenernya adalah sebuah program mini yang sifatnya merusak, umumnya dia menyebar lewat, internet, email, disket(jaman dulu), cd, bahkan flashdisk (trendsetter penyebaran). Lalu bagaimana kita memilih antivirus yang tepat agar terlindungi? Sebenernya tidak ada anti virus yang tepat untuk melindungi anda dari serangan virus, karena setiap anti virus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti saat ini anti virus lokal (PCMAV, Norman) lebih bisa menangani virus-virus lokal (Brontok dan kawan kawan) ketimbang antivirus dari luar (Avast, NOD32, AVG dll) . Menjalankan dua atau lebih program anti virus di dalam komputer juga malah memberatkan kinerja komputer. Jadi penanganan pertama untuk mencegah virus masuk adalah:
1. Matikan autorun pada setiap drive, biasanya virus menyertakan file autorun.inf agar saat flashdisk masuk ke komputer file virus otomatis dijalankan, dan menulari komputer.
2. Selalu gunakan aplikasi untuk membuka file, jangan asal klik 2 kali pada sebuah file, misalkan anda ingin membuka file text (*.txt), anda buka dulu aplikasi notepad atau wordpad, lalu pada menu file, klik open dan arahkan ke file text yang akan dibuka. Cara ini dijamin lebih aman ketimbang anda langsung klik dua kali pada file yang akan dibuka.
3. Apabila anda sering browsing internet, jangan pernah percaya apapun yang ada disana, seperti iklan-iklan yang berbentuk flash dan permintaan agar anda mengeklik di iklan tersebut, atau suatu iklan yang menyatakan bahwa anda terkena virus dan meminta anda menscan komputer anda secara online.
4. Selalu update antivirus anda, bisa secara langsung saat terkoneksi internet, atau secara online.
5. Pakailah sistem operasi selain Windows, seperti Linux, Solaris, Macintosh (OS X) karena virus di windows hanya bisa bekerja di windows.Lalu bagaimana kalo komputer windows kita sudah terlanjur terkena virus? ambil sampel virusnya dari komputer yang telah terinfeksi, lalu lewat sistem operasi selain windows yang terhubung ke internet, buka web page dari www.virustotal.com, uploadlah virus itu disana, maka di web itu sampel virus anda akan dianalisa dan anda akan disarankan memakai antivirus yang tepat supaya bisa mendeteksi dan membasmi virus tersebut, jika anda ingin membasminya secara manual, coba anda search via google lalu masukkan pencarian dengan petunjuk ciri-ciri serangan virus tersebut.

0 komentar: